Kegigihan Miami Heat Berjumpa Pertahanan Kuat Boston Celtics

Posted on

 

Juara bertahan NBA, Toronto Raptors, didepak Boston Celtics (4-3). Lantas, team terbaik di Daerah Timur, Milwaukee Bucks, dihancurkan Miami Heat (4-1). Jika Celtics menang, karena itu mereka jadi juara Daerah Timur untuk kali pertamanya semenjak 2010. Sebaliknya, bila Heat yang memenangi seri ini serta meluncur ke final NBA, maka jadi final pertama semenjak 2014. Kegigihan Heat akan mengetes kokohnya pertahanan Celtics di final Daerah Timur playoff NBA 2020.

Ke-2 team saling punyai kedalaman roster yang bagus. Celtics punyai Jayson Tatum, Jaylen Brown, serta Kemba Walker. Mereka punyai Marcus Smart yang punyai daya jelajah tinggi untuk lakukan pertahanan. Walau beban menit bermain mereka lebih besar sebab minimnya perputaran, tetapi Celtics menunjukkan jika mereka dapat hentikan pergerakan Toronto Raptors. Awalnya, Celtics justru dapat menyapu bersih Philadelphia 76ers (4-0) diperputaran pertama.

Sesaat Miami Heat punyai Jimmy Butler, Bam Adebayo, serta Jae Crowder. Tiga pemain yang suka dengan permainan cepat. Gabungan mereka, ditambah lagi Goran Dragic, Duncan Robinson, Kendrick Nunn serta Tyler Herro, membuat Heat dapat sampai ke final daerah dengan rekor 8-2 di playoff musim ini. Rekor yang sama juga dengan Los Angeles Lakers.

Dari bagian pelatih, Brad Stevens kepala pelatih Celtics, serta Erik Spoelstra yang telah jadi simbol Miami Heat, sekarang masuk posisi lima besar pelatih terbaik di liga. Taktik mereka di final daerah kelak jadi kunci kemenangan teamnya.

Ada banyak hal yang perlu diketahui sebelum game final Daerah Timur diawali di hari Selasa, 15 September waktu Amerika Serikat.

Mampukah Jimmy Butler Menanggung Beban Heat?

 

 

Pertanyaan itu tiba sebab Miami Heat tidak punyai bintang besar dalam roster musim ini, terkecuali Jimmy Butler. Kenyataannya, sampai sekarang Butler belum membuat dianya untuk bintang yang dapat menanggung beban team. Ditambah lagi di game berat seperti final daerah. Tetapi bukan bermakna Butler tidak tampilkan perform terbaik semasa playoff. Ia memperlihatkan kedewasaan, dan kegigihan dalam bermain. Kemungkinan susah buat Butler jika menanggung beban ini sendirian, tapi ia punyai beberapa pemain muda yang siap memberikan dukungan di belakangnya.

Unsur X Semasing Team

Marcus Smart wajar disebutkan unsur x dari Boston Celtics, serta Tyler Herro dari Miami Heat. Bukan untuk head-to-head antar pemain. Tapi mereka berdua dapat memberikan efek untuk semasing team. Smart ialah seorang veteran NBA yang diketahui punyai kemampan bertahan yang kuat. Sedang Herro adalah pemain debutan yang punyai kekuatan tembak jarak jauh, dan pergerakan yang gesit di dalam bermain.

Smart akan menyempurnakan pertahanan Celtics untuk menepis Gordan Dragic, Duncan Robinson, atau Kendrick Nunn. Ia dapat juga menyusahkan pertahanan musuh saat dalam tempat menggempur, sebab Smart punyai ketepatan shooting yang baik. Dapat dibuktikan waktu Smart menyusahkan Raptors di game ke-7. Sebaliknya, Herro dapat jadi pilihan pas di sayap Heat.

Kembalinya Gordon Hayward

 

 

Hayward alami luka sendi kanan waktu game pertama Celtics menantang Philadelphia 76ers di playoff putaran pertama. Pemulihan lukanya memang lamban, tetapi minimal Hayward telah mengakhiri waktu karantina di “gelembung”. Karena, Hayward pernah keluar Walt Disney World Resorts untuk menyongsong kelahiran anaknya.

Hayward dapat memberikan sedikit dorongan untuk gempuran Celtics. Brad Stevans punyai banyak pilihan gempuran jika Hayward dapat bermain. Sesaat yang diperlukan Celtics saat ini ialah Hayward yang sehat. Hayward dapat cetak 17,5 point, 6,7 rebound, serta 4,1 asis dengan ketepatan shooting 50 % pada musim reguler. Jika ia kembali lagi semacam itu, karena itu Celtics punyai pilihan lain untuk mendesak pertahanan Heat.

Saling 10,5

Ini ialah angka menarik. Dalam lima pertandingan mereka menantang Giannis Antetokounmpo serta teman-teman, Heat cetak keunggulan 10,5 point per 100 possession lebih tinggi dari Bucks. Selama ini, angka berikut yang diketemukan dalam analisis statistik Heat menantang Bucks. Ketidaksamaan itu yang membuat Heat menang dari Bucks.

Menariknya, dalam tujuh pertandingan menantang Toronto Raptors, ada angka kecil dalam statistik yang memperlihatkan 10,5. Angka itu ialah beda kemasukan ke-2 team. Celtics kecolongan 10,5 point lebih sedikit dibanding Raptors. Ini yang menunjukkan jika pertahanan Celtics lebih baik dibandingkan Raptors.

Heat tempati rangking ke-2 dalam prosentase tripoin pada musim reguler sebesar 37,9 %, serta rangking ke-3 di playoff dengan prosentase 38,0 %. Sebaliknya, Celtics dapat meredam musuh cuma dapat cetak 34,0 % tripoin pada musim reguler, serta cuma biarkan musuh cetak 30,5 % tripoin di playoff. Selama ini, Celtics ialah team yang sedikitnya kecolongan dari tripoin semasa playoff 2020.

Rekor Tatap muka Musim Ini

 

 

Boston Celtics memenangi dua dari tiga tatap muka mereka dengan Miami Heat pada musim reguler. Lantas, Heat dapat memenangi satu tatap muka lagi di “seeding games” pada 4 Agustus kemarin. Jadi jika disaksikan dari kisah musim ini, karena itu kedua-duanya seri 3-3.

Keuntungan Heat yakni mereka punyai waktu istirahat lebih banyak, sebab mereka dapat mengakhiri perlawanan Bucks dalam lima pertandingan. Sebaliknya, Celtics harus berusaha sampai game ke-7 sampai mereka dapat singkirkan Raptors.

Tapi kesamaannya, semua team tidak lakukan perjalanan musim ini. Mereka dapat istirahat secara baik, serta tidak alami kecapekan sebab perjalanan seperti waktu liga berjalan dengan normal. Dengan lihat semua beberapa faktor yang ada, karena itu kemungkinan final Daerah Timur akan berjalan sampai game ke-7. (tor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *