Alasan Steve Nash Berani Lakukan Lompatan Profesi

Posted on

Brooklyn Nets pekan kemarin membuat surprise dengan menunjuk Steve Nash untuk kepala pelatih baru. Ini sebab mantan pemain yang sekarang jadi anggota Hall of Fame itu belum pernah jadi pelatih di level mana juga. Nash pada akhirnya mengutarakan alasan kenapa ia berani lakukan lompatan profesi semacam itu.

Nash dikenalkan dengan cara resmi untuk pelatih Brooklyn Nets ini hari, Rabu, 9 September waktu ditempat. Ada session photo dan wawancara virtual yang diiringi media-media olahraga Amerika Serikat. Nash diberi pertanyaan mengenai keberiannya ambil pekerjaan ini, walau sebenarnya belum punyai pengalaman melatih. Modal Nash hanya untuk konsultan peningkatan pemain di Golden State Warriors semasa lima tahun paling akhir.

Hal tersebut memunculkan beberapa pertanyaan yang dihubungkan dengan rumor rasisme. Ada asumsi jika pelatih kulit putih dapat naik kedudukan secara cepat. Lantas sebaliknya pelatih kulit hitam harus jalani proses yang panjang, termasuk juga jadi asisten pelatih sepanjang tahun.
Nash juga tidak lepas dari pertanyaan itu waktu perjumpaan pelatih.

“Sebenarnya saya telah melalui antrean (proses untuk pelatih). Tapi di saat yang serupa, menurut saya bermain di NBA semasa hampir dua dasawarsa memberikan saya waktu belajar yang cukup. Jadi, walau saya belum pasti pelajari beberapa ketrampilan seperti melatih, tetapi saya tidak pernah jauh dari faktor tehnis pembinaan pemain,” kata Nash.

Nash memiliki pendapat jika dianya memang tidak melalui tingkatan untuk asisten pelatih

Sama seperti yang telah dilaksanakan umumnya pelatih. Tapi Nash punyai profesi yang bagus waktu jadi pemain. Ia berperanan untuk pimpinan, pemikir, serta penentu cara di team itu. Sama dengan Steve Kerr serta beberapa pemain dengan tempat poin guard yang lain sekarang sukses jadi pelatih.

“Memang ini keadaan yang unik. Saya belajar banyak semasa saya bermain, tapi saya mengetahui jika akan perlu banyak suport serta belajar menjadi seorang pelatih yang baik,” tuturnya.

Seperti Nash, Kerr dipili untuk kepala pelatih Warriors di tahun 2014 dengan sedikit pengalaman melatih, tetapi punyai profesi untuk pemain yang hebat. Perbedaannya dengan Nash, Kerr pernah kerja untuk presiden serta manager umum Phoenix Suns. Minimal, Kerr tahu apa yang perlu dilaksanakan untuk mengendalikan teamnya. Baik dari bagian tehnis serta non-teknis.

Jason Kidd serta Derek Fisher disebut untuk ide Nash. Sebab mereka langsung juga jadi kepala pelatih tanpa ada melalui babak asisten pelatih. Ke-2 mantan poin guard legendaris NBA itu dipekerjakan untuk kepala pelatih sesudah mereka pensiun untuk pemain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *