Air Jordan Ialah Sepatu Paling Berat Menurut Charles Barkley

Posted on

 

Charles Barkley serta Michael Jordan sudah jadi sahabat semenjak. Kedua-duanya memperoleh sepatu ciri khas semasing. Kerena ingin memberi penghormatan pada teman dekatnya, Barkley menggunakan sepatu Air Jordan waktu Michael Jordan pensiun untuk kali pertamanya (1993). Pada akhirnya, Barkley jadi pemain pertama, sekaligus juga rekan Michael Jordan pertama yang mencemooh sepatu itu.

Charles Barkley seringkali dihubungkan dengan Michael Jordan. Khususnya mengenai kedahsyatan serta prestasinya saat di NBA. Semasa bermain mulai 1984 sampai 2000, Barkley mempunyai semua. Mulai dari All-Star sampai MVP NBA pada tahun 1993. Tapi ada satu yang tidak pernah ia punyai, yakni titel juara NBA. Tetapi, satu hal itu tidak mengganti bukti jika Barkley salah satu striker terbaik selama hidup.

Barkley menarik perhatian fans NBA pada musim 1992-1993

Itu musim pertamanya bersama Phoenix Suns, sesudah delapan musim bela Philadelphia 76ers (1984-1992). Barkley bawa Suns jadi team rangking pertama Daerah Barat. Ia cetak rerata 25,6 point, 12,2 rebound, serta 5,1 rebound per game. Sesaat, Michael Jordan serta Bulls berada di rangking ke-2 Daerah Timur.

Kedua-duanya sampai di babak playoff, sampai pada akhirnya berjumpa di Final NBA 1993. Tetapi Barkley harus mengikhlaskan titel juara diambil oleh teman dekatnya, Michael Jordan, sebab Suns kalah 2-4. Selanjutnya pada 6 Oktober 1993, Michael Jordan memberitahukan pensiun. Jordan mengatakan jika dianya kehilangan semangat untuk bermain basket lagi. Ini dikuasai oleh kematian ayahnya, tiga bulan sebelum ia putuskan pensiun.

 

 

Di sini cerita Barkley serta Air Jordan diawali. Barkley membagi cerita itu dalam satu wawancana dengan Bleacherreport beberapa lalu. Barkley mengatakan, sesudah Michael Jordan pensiun, ia putuskan untuk menggunakan Air Jordan.

“Saya coba memberi penghormatan pada Michael (Jordan) saat ia pensiun

untuk kali pertamanya. Saya bermain memakai Air Jordan

pada musim 1993-1994. Saya memikir, bagaimana ia (Jordan) jadi pemain terbaik dengan sepatu ini?

Ini ialah sepatu paling berat yang pernah saya gunakan dalam pertandingan basket,” kata Barkley.

Charles Barkley serta sepatunya

Beberapa orang kemungkinan tidak mengingat Barkley untuk simbol dalam style kenakan pakaian seperti Michael Jordan. Tetapi bukan bermakna Barkley tidak punyai impak pada kultur sneaker. Barkley salah satu dari sedikit bintang NBA di masa 90-an yang punyai sepatu sendiri (signature shoes). Kenyataannya, sepatu Barkley memperoleh rekor pemasaran nomor dua di belakang Air Jordan di masa 90-an.

Barkley ialah pemain yang tidak rewel dalam soal sepatu. Dua hal yang diharap Barkley waktu itu yakni mudah serta kuat. Tetapi, kriteria itu termasuk susah untuk dipenuhi oleh tehnologi pengerjaan sepatu di masa 90-an. Barkley bukan pemain yang jangkung, jadi perlu sepatu yang memberikan dukungan permainannya serta dapat bergerak bebas. Sebaliknya, alasan Jordan mempunyai sepatu yang berat ialah membantunya menahan diri. Karena, jika sepatu Jordan mudah, karena itu permainannya akan meledak-ledak di atas lapangan. Melihat saja bagaimana Jordan bermain. Ia dapat cetak point dari semua arah.

 

 

Di tahun 1994, Nike pada akhirnya meluncurkan Air Max2 CB 94, yang disebut sepatu yang dibikin spesial untuk Barkley. Nike waktu itu membuat Barkley jadi salah satunya muka mereknya. Sebab Michael Jordan pensiun. Itu penyebabnya, Air Max2 CB 94 dibikin dengan beberapa jenis kombinasi warna. Selain nampak bagus di tv, Barkley dipandang seperti pemain yang dapat gantikan Michael Jordan. Bukan dengan cara permainan, tetapi pada pemasaran Nike waktu itu.

Sampai saat ini, sneaker Barkley masih disukai beberapa sneakerhead. Walau tidak seperti Air Jordan, sepatu Barkley dapat dipandang seperti salah satunya sneaker punya pengaruh dalam budaya basket. (tor)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *